Ciri Gereja Presbiterian Prostestan
  • Save
Posted on

Ciri Gereja Presbiterian Prostestan

Ciri Gereja Presbiterian Prostestan – Daftar gereja di seluruh dunia pastinya memiliki fungsi dan susunan komite di dalamnya. Semenjak akses dari Gereja Presbiterian Prostestan mulai mencuat beberapa tahun terakhir, kini sudah ada banyak bentuk karya yang dihadirkan kepada seluruh jemaat. Gereja Presbiterian ini menjadi salah satu lingkungan Gereja Protestan yang sudah berkembang sejak abad ke 16 di daerah Eropa Barat.

Perkembangan Gereja Presbiterian terbilang cukup cepat, bahkan selalu mengikuti banyak ajaran yang mengutamakan kebaikan dan mensejahterakan semua umat manusia. Meskipun pusat perkembangan Gereja Presbiterian Protestan sudah mencakup negara besar seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan beserta Filipina, namun masih ada beberapa negara yang belum mengetahui seperti apa cirinya.

Ciri Gereja Presbiterian Protestan

Rata-rata Gereja Protestan masih memiliki kesamaan dengan Gereja Presbiterian. Hanya saja tradisi utama Protestanisme di Bel anda dan beberapa Gereja Hervomd masih belum banyak diketahui. Sampai akhirnya Presbiterian ini muncul di beberapa negara. Lalu seperti apa ciri dari Gereja Presbiterian ini?

– Ajaran dan Organisasinya

Aspek paling nyata yang menjadi pembeda antara gereja Presbiterian dengan gereja Kristen lainnya adalan ajaran dan organisasi di dalamnya. Presbiterian pada masa kini tidak terallu banyak dikenali terutama pada aspek baptisan anak, penggunaan Mazmur, ataupun nyanyiannya. Dan masih ada lagi doktrin predestinasi yang menghadirkan ajaran keselamatan.

Memang paling menonjol dari gereja Presbiterian ini mengacu pada perkembangan ajaran dan organisasinya. Sehingga ada poin-poin utama yang kemudian selalu dihadirkan sebagai modal paling tepat yang saat ini terus dicermati sebagai satu perkembangan yang ada di dalam Presbiterian.

  • Save

– Tidak Adanya Alat Musik

Berbeda dari perjamuan kudus di dalam gereja Katolik ataupun Kristen yang mana terdapat peralatan musik sebagai pengiringnya. Akan tetapi, dalam ibadah gereja Presbiterian sangat berbeda, sehingga tidak ada ketersediaan alat musik di dalam ibadahnya. Sehingga hanya mengandalkan suara dan sama sekali tidak mendapat iringan musik.

Ketersediaan alat musik sebagai pengiring lagu rohani di setiap kegiatan ibadah memang jadi acuan utama dalam proses ibadah umat Katolik dan Kristen. Hanya saja gereja Presbiterian sama sekali tak ingin mengandalkan peralatan musik yang justru dianggap kurang tepat.

– Tidak Ada Penahbisan Perempuan

Beberapa jabatan penting seperti diaken dan penatua di dalam gereja Prediterian ini tidak ada yang memiliki status perempuan. Maka dari itu dari dokterin predestinasi ganda dan beberapa poin utama untuk menghindari penahbisan jabatan diaken, penetua sampai pendeta dengan status perempuan.

Belum banyak yang mengetahui apa alasan dari tidak adanya penahbisan perempuan di dalam gereja Prebiterian tersebut. Hanya saja dari segi efektifnya memang bisa dijadikan acuan untuk bisa menghadirkan sarana-sarana lebih sederhana dan simple bagi umat Prebiterian.

– Selalu Menekankan Doktrin Predestasi Ganda

Masih ada faktor pembeda antara gereja Prebiterian dan gereja pada umumnya yakni penekanan doktrin Predestasi ganda yang mana hanya menggunakan satu cawan yang sama dalam perjamuan kudusnya. Banyak gereja merasa kurang tepat bila hanya menggunakan satu cawan saja, akan tetapi gereja Predesterian Protestan ini selalu membuahkan konstruksi perjamuan berbeda.

Sampai detik ini ada banyak sarana-sarana penting yang membuahkan manfaat bagi umat Gereja Prebiterian Protestan. Bahkan dalam perkembangannya terlihat ada segudang manfaat penting dalam mencermati seperti apa peluang untuk memaksimalkan semua kegiatan ibadah. Di dalam gereja Presbiterian Protestan juga memiliki susunan struktur organisasi yang semuanya bisa menghadirkan banyak keunggulan dan fungsi lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap